Sales | Sales Coach. Saya tidak pintar bicara. Saya orang yang introvert. Jadi sales kan harus pintar bicara dan pintar merayu orang. Demikian kalimat yang sering di lontarkan para pencari kerja saat diberikan kesempatan untuk berkarir sebagai sales. Komisi yang besar dan bonus yang menggiurkan  tetap tidak mampu menarik orang dengan tipe introvert untuk berkarir sebagai sales. Kalaupun mereka mau, karir sales hanya dijadikan batu loncatan saja. Dari pada belum ada pekerjaan ya sudahlah jadi sales saja. Yang memprihatinkan adalah masih ada yang memilih tidak bekerja dari pada harus bekerja sebagai sales. Saya yakin Pemilik Perusahaan, Sales Director dan Sales Manager lebih memilih merekrut orang dengan tipe ekstrovert untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai sales. Di satu sisi Perusahaan juga harus fleksibel dan tetap memberikan kesempatan kepada orang dengan tipe introvert untuk berkarir sebagai sales dengan berbagai pertimbangan terlepas mereka mau atau tidak mengambil peluang kerja sebagai sales. Untuk mengetahui tipe sales bisa dilakukan dengan DISC test yang akan saya kupas di artikel berikutnya.

Orang introvert lebih pasif dalam berkomunikasi. Orang introvert tidak akan memulai pembicaraan dengan orang lain apalagi dengan orang yang belum mereka kenal. Jangan berharap tipe introvert mulai menyapa anda walaupun sepanjang perjalanan mereka duduk di samping anda. Mereka cenderung diam dan bicara seperlunya saja. Hal ini bertolak belakang dengan karakter sales yang dituntut untuk lebih proaktif berbicara dengan banyak orang termasuk inisiatif untuk berkenalan dengan orang baru.

Orang ekstrovert lebih aktif dalam berkomunikasi. Orang ekstrovert berani berbicara kepada siapapun. Mereka tidak segan untuk berkenalan dengan orang baru. Dalam bidang sales memang dibutuhkan orang ekstrovert. Networking adalah aset terbesar para sales. Untuk memiliki network yang luas seorang sales harus memiliki keberanian untuk berbicara kepada banyak orang termasuk orang yang baru dikenal.

Mari ke inti permasalahan. Apakah orang introvert bisa menjual? Dengan yakin saya mengatakan bahwa BISA! Saya memiliki keyakinan bahwa setiap orang sejak lahir apapun tipenya sudah memiliki kemampuan menjual. Lingkungan dan berbagai faktor lainnya yang membuat seseorang merasa tidak memiliki kemampuan menjual. Manusia cenderung bertindak berdasarkan memori yang tertanam dalam pikiran bawah sadarnya. Karena itu jika ada orang yang mengatakan bahwa mereka tidak bisa menjual, hal itu karena ada pengalaman negatif masa lalu yang tertanam di dalam pikiran bawah sadar mereka bahwa menjual itu bukan pekerjaan yang baik.

Beberapa tipe customer dan klien lebih suka berhubungan dengan sales dengan tipe introvert. Selalu ada celah buat sales dengan tipe introvert untuk menghasilkan penjualan. Saya meyakini Perusahaan sudah memiliki sistem training untuk melatih berbagai tipe sales baik introvert maupun ekstrovert. Jadi yang perlu saya pertegas adalah tidak peduli anda introvert atau ekstrovert, asalkan anda rajin, tekun dan mau belajar, anda bisa menjual bahkan menjadi TOP sales. Sales  dengan tipe ekstrovert bukan jaminan sukses menjual apalagi menjadi TOP sales. Bahkan ada juga sales ekstrovert yang gagal menghasilkan penjualan. Kesuksesan menjual tidak sepenuhnya ditentukan oleh introvert atau ekstrovert.  Saya juga sudah melihat banyak sales dengan tipe introvert sukses bahkan mampu menjadi TOP sales. Karena itu saya menyarankan kepada anda untuk tidak buru-buru melabel diri anda dengan identitas introvert atau ekstrovet saat menekuni karir sales. Rajin dan kerja keras adalah kunci dasar sales meraih kesuksesan.

Di artikel sebelumnya saya menulis salah satu keterampilan yang harus dimiliki seorang sales adalah keterampilan mendengarkan bukan berbicara. Kabar baiknya sales introvert memiliki keterampilan mendengarkan lebih baik dari sales ekstrovert. Sales introvert hanya perlu lebih banyak berlatih berbicara agar lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan calon klien. Sementara sales ekstrovert harus lebih banyak mengontrol pembicaraan dengan calon klien dan berusaha untuk menghindari dominasi dalam setiap pembicaraan dengan calon klien.

Bersyukurlah apapun tipe anda. Manusia di ciptakan Tuhan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang mampu memberdayakan kelebihan yang dimiliki dan tidak menjadikan kekurangan mereka sebagai hambatan dalam meraih kesuksesan sambil terus berusaha meminimalisir kekurangan yang dimiliki, demikian juga dengan para sales.

Yanto Mulyadi

Sales Motivator, Trainer and Coach

PIC : 08129720898

WhatsApp chat